Mulai dari diri modul 2.3
Pertanyaan reflektif terkait supervisi akademik
dan pengembangan kompetensi diri :
Selama
menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi
oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?
Perasaan saya
ketika diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah, Saya merasa senang, apalagi saat itu ibu kepala sekolah
adalah bekas guru Bahasa Inggris tentunya akan dapat menambah pengetahuan saya
di bidang mengajar walaupun ada rasa sedikit gugup. Saya tentu sudah mempersiapkan
diri dengan administrasi pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP, media pembelajaran, instrument penilaian, daftar hadir siswa).
Ceritakan
pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut?
perasaan
pada awal obeservasi atau supervisi
Pada awal pelaksaan
obervasi saya merasa senang, bersemangat walaupun ada rasa khawatir dan gugup. saya
bersemangat dalam menyiapkan semua perlengkapan dan administrasi untuk
pelaksanaan observasi atau supervisi.
perasaan
setelah observasi atau supervisi
Setelah pelaksanaan
obeservasi atau supervisi, saya mendapatkan masukan dan saran dari kepala
sekolah. Masukan dan saran yang saya terima saya jadikan bahan evaluasi diri
sehingga dapat memperbaiki kekurangan untuk menjadi lebih baik kedepannya.
Menurut
Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu
diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?
Menurut saya
seorang supervisor hendaknya menjadi among dan teladan bagi supervisee. Supervisor
bukan hanya sekedar mencari kesalahan dari supervisee tetapi juga memberikan saran
atas apa yang menjadi solusi dari kesalahan tersebut. Supervisi akademik itu
bisa menjadi tolak ukur bagi seorang guru dalam memperbaiki kekurangannya dan
kekuatannya yang nantinya akan kita gunakan untuk memfasilitasi murid untuk
mewujudkan pembelajaran yang bermakna serta memberikan pembelajaran dengan rasa
aman, nyaman dan menyenangkan. Dalam pelaksanaan supervisi, kepala sekolah
harus bersifat objektif, profesional dan juga dapat menghargai pendapat guru.
Sebagai guru yang di supervisi hendaknya menerima dengan senang hati masukan
dari supervisor sehingga dapat digunakan sebagai bahan perbaikan ke depannya.
Menurut Anda, jika Anda saat ini
menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi
Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi
belum ideal 1 dan situasi ideal 10.
Jika saya menjadi
kepala sekolah dan harus melakukan supervisi, maka posisi saya ada pada skala 7
atau 8. karena saya sudah menjadi tim supervisi dari tahun 2020 semenjak saya
dipercaya menjadi wakil kepala sekolah. Saya mensupervisi 10 sampai 11 guru
setiap semesternya.
Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk
dapat mencapai situasi ideal itu?
Aspek yang saya
butuhkan untuk mencapai situasi ideal adalah menambah pengetahuan tentang
coaching untuk supervisi akademik, meningkatkan keterampilan berelasi dengan
menjalin komunikasi yang baik.
Setelah Anda menjawab
pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini
: Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang
pendidik setelah mempelajari modul ini?
Setelah mempelajari
modul 2.3 tentang coaching supervisi akademik, saya berharap mampu memahami
seluruh materi dan mampu untuk mengimplementasikan praktik baik di lingkungan
sekolah. saya juga berharap mampu berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk
memperbaiki mutu pendidikan di lingkungan sekolah.
Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang
Anda harapkan ada dalam modul ini?
Kegiatan yang saya
harapkan : adanya kolaborasi praktik baik bersama fasilitator, pengajar
praktik, instruktur serta rekan-rekan CGP yang lainnya.
Materi yang saya
harapkan : menjelaskan tentang prinsip coaching dan teknik coaching supervisi
akademik.
Manfaat saya
harapkan : mampu meningkatkan kompetensi saya sebagai seorang pendidik
~Sri
Maryati~
0 komentar:
Posting Komentar